Tim Gugus Tugas Temukan Sejumlah Pelaku Usaha Abai Surat Edaran Wali Kota Parepare

oleh -682 views
Salah Satu Pedagang Diberi Sanksi Denda Saat Ditemukan Tidak Menggunakan Masker

Zonamerahnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyisir sejumlah tempat keramaian di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Jumat (25/12/2020) malam kemarin.

Hal tersebut dilakukan, untuk menindaklanjuti surat edaran wali kota parepare dengan pembatasan jam operasional sejumlah tempat usaha diantaranya, warung kopi, warung makan dan usaha sejenisnya, Sabtu (26/12/2020).

Dari pantauan Zonamerahnews.com, kegiatan tersebut dipimpin oleh Camat Ujung, didampingi Kapolsek Ujung, Lurah se-Kecamatan Ujung, Satpol PP, TNI-Polri, BPBD dan Dinas Perhubungan Parepare.

Saat dikonfirmasi, Camat Ujung, Ulfa Lanto mengungkapkan, pihaknya melakukan penyisiran dan pemantauan terkait kepatuhan surat edaran yang dikeluarkan pertanggal 24 Desember 2020.

“Jadi berlakunya tanggal 24, kemarin sosialisasi dan hari ini kita melakukan pemantauan dan penutupan yang tidak patuh terhadap surat edaran,” ungkapnya.

Kata dia, ada sejumlah pelaku usaha yang diberi sanksi karena dianggap tidak patuh pada surat edaran yang berlaku.

“Sekitar kurang lebih 10 yang diberi sanksi, karena kita tau sendiri bahwa Kecamatan Ujung pusat perkotaan di Kota Parepare. Memang kami sudah prediksi,” ucap Ulfa Lanto.

Lebih lanjut, mantan Kepala Seksi Penataan dan Pengadaan Lahan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PKPP) Parepare ini mengungkapkan, saat melakukan penyisiran, pihaknya menemukan salah satu usaha warung makan yang masih melakukan transaksi jual beli hingga pukul 22.00 Wita.

“Kami masih menemukan yang melakukan transaksi jual beli hingga pukul sepuluh (malam), akhirnya kami melakukan penutupan langsung sekaligus memberikan surat edaran kepada penjualnya,” tegas Ulfa.

“Ada juga tadi yang kena denda, kebetulan yang kena denda penjual. Setelah kami tanyakan apakah membawa masker atau tidak, ternyata tidak bawa masker, makanya kami lakukan denda,” tambahnya.

Dia pun berharap, dengan kegiatan tersebut masyarakat bisa lebih sadar untuk mematuhi apa yang pihaknya sudah sosialisasikan (surat edaran red-).

“Kami sangat berharap, dengan kegiatan malam ini dan kemarin, muncul kesadaran (kepatuhan) dari masyarakat untuk tetap mematuhi apa yang telah kami sosialisasikan yaitu surat edaran wali kota yang telah dikeluarkan kemarin,” tutupnya.

(AU)