Program PUB Indomaret dari Donasi Pelanggan Diapresiasi Mensos, Bantu Komunitas Adat Terpencil

oleh
Penyerahan Donasi Pelanggan Indomaret ( foto : Instagram Indomaret Makassar)

Zonamerahnews.com – Sampai hari ini, kalian masih masih bertanya-tanya soal kembalian yang biasa ditanyakan oleh kasir Indomaret, dengan mengatakan kembaliannya mau didonasikan ?

Sebagian pengunjung ada yang ikhlas untuk mendonasikan, ada pula sebagian yang tetap meminta kembalian.

Kalian tentu bertanya-tanya, dikemanakan kembalian yang anda donasikan itu ?

Uang kembalian yang anda donasikan ke kasir Indomaret biasanya Rp 100, Rp 200 dan Rp 300.

Sebenarnya uang yang anda donasikan itu dialirkan ke program Pengumpulan Uang atau Barang (PUB) yang akuntabel dikelola oleh Indomaret.

Indomaret masuk ke dalam salah satu PUN, bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos). Donasi yang dikumpulkan itu, disalurkan ke Kementerian Sosial (Kemensos).

PUB Indomaret yang bekerja sama dengan Kemensos dipastikan tepat sasaran.

Dilansir dari Instagram @Indomaret_Makassar, Menteri Sosial, Juliari P. Batubara sangat mengapresiasi PUB dan kepedulian tinggi Indomaret terhadap masalah sosial melalui program peduli
Komunitas Adat Kecil (KAT).

Hal itu diungkap saat penyerahan donasi pelanggan Indomaret, di Hotel Aryaduta, Jakarta, pada Rabu (26/8/2020). Penyerahan donasi pelanggan Indomaret periode 1 Maret – 31 Mei 2020, sebesar Rp 5.068.124.297, yang diserahkan langsung oleh Marketing Communication Executive Director PT. Indomarco Prismatama (Indomaret), Gondo Sudjoni NH, kepada Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Edi Suharto, pada pertemuan Forum Koordinasi Pemberdayaan KAT Tahun 2020.

“Saya sangat-sangat berterima kasih kepada Indomaret yang konsisten memberikan bantuan untuk KAT. Tolong ini jangan berhenti,” ujarnya.

Juliari juga mengajak perusahaan swasta selain Indomaret, tidak hanya melaksanakan usahanya. Namun juga mempunyai jiwa sosial yang dapat membawa perubahan sosial di lingkungan sekitar.

“Saya punya keyakinan bahwa perusahaan-perusahaan yang mempunyai kepedulian tinggi pada masalah sosial lebih berkelanjutan. Saya bangga dan senang membeli produk dari sebuah perusahaan yang saya tahu perusahaan ini memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masalah sosial,” tuturnya.

Sekedar diketahui, melalui program KAT, Indomaret berhasil menarik masyarakat untuk berdonasi, yang disalurkan melalui sejumlah yayasan diantaranya, Yayasan Lembaga Peduli Duafa, Yayasan Anak Pulau Selatpanjang, Yayasan Balarenix, Yayasan At Taqwa, Yayasan Hidayatullah Boalemo, serta Yayasan Teratai Cibitung.

Ada pun sejumlah bantuan yang disalurkan diantaranya, pembangunan sarana air bersih (pipanisasi dan penampungan air), pembuatan sarana MCK (Mandi, Cuci, Kakus), pembuatan balai sosial, lampu dan alat tenaga surya, serta pohon untuk penghijauan.

Program KAT Indomaret ini adalah ketiga kalinya bekerjasama dengan Kementerian Sosial. Hasil program KAT pertama periode 1 Agustus – 31 Oktober 2017 sebanyak Rp 2.324.440.750, disalurkan ketiga lokasi diantaranya, Kalimantan Barat, Gorontalo, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Donasi digunakan untuk pembangunan sarana air bersih, balai sosial, drainase MCK, serta Saluran Air Limbah (SPAL).

Untuk program KAT kedua periode 1 Juni – 30 September 2019, berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 7.675.204.344. Bantuan diwujudkan dalam pembangunan saluran air bersih, MCK, balai sosial, drainase, penerangan serta penghijauan, yang dilakukan di Maluku, NTB, Sumatera Selatan, Aceh, Kalimantan Tengah, Papua, Jambi, Kalimantan Selatan, Gorontalo, serta NTT.

Indomaret juga sangat berterima kasih kepada pelanggan yang telah berdonasi, karena donasi yang berhasil dikumpulkan sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Sumber : Indomaret Makassar