Pj Gubernur Sulsel Akui Perkembangan Luwu Timur Maju Pesat

oleh -159 views

Zonamerahnews.com – Pawai karnaval budaya yang diikuti perwakilan Kecamatan dengan beraneka etnis mewarnai puncak acara peringatan 15 Tahun Kabupaten Luwu Timur.

Pawai ini sengaja dilakukan untuk memperlihatkan keanekaragaman etnis yang mendiami daerah bertajuk Bumi Batara Guru ini.

Perayaan hari jadi ke-15 ini di hadiri langsung Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono bersama Istri, Anggota DPR RI, Luthfi Andi Mutty, Datu Luwu ke-40, Andi Maradang Mackulau Opu To Bau dan perangkat adat Kedatuan Luwu, Para perwakilan Bupati/Walikota se-Sulsel.

Semarak perayaan itu disaksikan pula beberapa perwakilan Raja dari berbagai Kesultanan, diantaranya Kesultanan Singapura, Tengku Syawal Bin Tengku Azis, Kesultanan Malaysia, Raja Sabie Palakka, Kesultanan Brunai

Masing-masing Pangeran Hajjah Rokiah Binti Haji Besar, Ramlah Binti Haji Muhammad Yasin dan Pangeran Dato Sri Paduka Haji Muhammad Shah PHB, Pangeran Muda Mahkota Anakia Lipu Endry Irwan Tekaka dari kerajaan Laiwoi Kendari dan Andi Yanti Petta Sempong dari Keluarga Rumpun Bone.

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono mengatakan, meski baru berusia 15 tahun, perkembangan Kabupaten Luwu Timur maju pesat. Pernyataan itu disampaikan Soni Sumarsono saat menghadiri puncak acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Luwu Timur ke 15 di Lapangan Merdeka Puncak Malili, Kamis (03/05/2018).

Menurut Soni, sebagai daerah otonomi baru diantara Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia yang berusia hampir sama, Kabupaten Luwu Timur termasuk daerah yang tingkat kemajuan perkembangannya maju pesat.

“Saya amati jika awal dimekarkan APBD Luwu Timur hanya berkisar Rp. 50 Milyar terus berkembang di tahun berikutnya mencapai Rp. 99 Milyar dan kini APBD Tahun 2018 telah mencapai Rp.1,6 Trilyun dengan PAD mencapai Rp. 268 Milyar lebih,” kata Soni yang juga Dirjen Otonomi Daerah.