Parah, Bantuan Simpel ‘Dikebiri’ Kepala Sekolah, LSM Trisakti Madina Berang

oleh -5 views
Ketua Trisakti Madina

Zonamerahnews.com – Ketua LSM Trisakti Mandailing Natal (Madina) Dedi Saputra Hasibuan sangat berang atas perilaku yang dilakukan Kepala Sekolah SDN 301 Trans pangkalan kecamatan lingga Bayu Madina.

Kepala sekolah berinisial S, diduga melakukan pemotongan Bantuan Simpanan pelajar (Simpel) yang bersumber dari Dana APBN tahun 2019. Minggu (28/2/2021)

Menurut, Dedi pemotongan (Kebiri) Dana Simpel yang dilakukan Kepala Sekolah SDN 301 ini sangat bertentangan dengan UU No 31 yang merupakan Tindak pidana Korupsi (Tipikor).

Pasalnya, seharusnya diperuntukkan untuk simpanan tabungan siswa yang jumlahnya 32 orang sebesar Rp 450.00.000.

asas manfaatnya adalah tabungan dalam rangka EDUKASI dan INKLUSI keuangan untuk mendorong para siswa menabung sejak dini sesuai yang telah diterapkan KEMENDIKBUD RI.

Pemotongan yang dilakukan kepala sekolah ini senilai Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) persiswa.

“Ini merupakan tindakan aborsi yang turut menghancurkan dunia pendidikan sebagai perilaku menentang keputusan kemendikbud dengan unsur sengaja atau dugaan kompirasi dengan yang membidangi di dinas pendidikan madina” ucapnya.

Lanjut, Dedi memaparkan dari keterangan orangtua siswa SDN 301 Trans pangkalan linggabayu dengan surat pernyataan yang ditandatangani puluhan oleh orangtua siswa terhadap pemotongan dana simpel ini tahun 2019 sudah jelas membunuh krakter dunia pendidikan.

“Dalam persoalan ini perlu disampaikan kepada Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution agar segera menindak lanjut dan memangil kepala sekolah dan Korwil serta memberikan peringatan untuk mengembalikan Dana Simpel tersebut kepada siswa masing – masing, Jika tidak di proses ini akan berlanjut ketingkat Hukum” ungkap Dedi.

(Todung Mulya Lubis)