Meneropong ‘Hotel Prodeo’ Koruptor, Bandar Sabu, dan Sel Kandang Ayam Artis

oleh -778.403 views
Sumber foto/Net

Zonamerahnews.com – Kepala Rumah Tahanan Kelas I Cipinang, Oga Darmawan mengatakan tidak ada perlakuan spesial terhadap tersangka ujaran kebencian, Ahmad Dhani Prasetyo, di dalam tahanan.

“Kapasitas rutan untuk 1000 tahanan, diisi 4300 tahanan. Bagaimana mau dibedakan? Dia ditahan bersama tahanan lain,” ujar Oga ketika dihubungi wartawan, Selasa (29/1/2019).

Oga melanjutkan musisi tersebut harus mengikuti masa orientasi terlebih dahulu selama tiga sampai tujuh hari, yang dikenal dengan nama Masa Pengenalan Lingkungan (Mapenaling).

Dalam masa orientasi itu, pihak rutan akan memetakan sel Ahmad Dhani lantaran tiap kelompok tahanan berbeda latar belakang dan perkara.

“Saat ini dia berada di sel admisi orientasi,” ucap Oga. Ia melanjutkan, luas sel tahanan juga berbeda, ada yang 5 meter x 3 meter dan 20 meter x 10 meter dan telah penuh oleh tahanan.

Hal ini juga menyebabkan Dhani akan menyatu dengan tahanan lain, Oga melanjutkan tidak semua tahanan dapat masuk sel lantaran jumlah tahanan melebihi kapasitas.

“Karena berlebihan, ada tahanan yang tidur di selasar,” ujar dia.

Benarkah Rutan Kelas I Cipinang Melebihi Kapasitas?

Bandar Narkoba Haryanto Chandra alias Gombak divonis penjara selama 14 tahun dan ditahan di Lapas Cipinang kelas IA

Tanggal 31 Mei 2017 lalu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen (Pol) Budi Waseso melakukan penggeledahan di ruang sel Lapas Cipinang yang dihuni terpidana Haryanto Chandra

Dari penggeledahan itu, BNN menemukan sel mewah itu, juga menemukan aktivitas para narapidana yang tengah menghisap sabu di dalam sel.

Foto/Net

Dalam penggeledahan tersebut terlihat situasi ruangan sel yang tidak seperti ruangan sel pada umumnya

“Di ruangan tersebut terdapat AC, CCTV yang bisa memonitor setiap orang yang datang, wifi, akuarium ikan arwana, dan menu makanan spesial,” ucap Buwas sapaan akrab Budi Waseso di gedung BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (13/6/2017) lalu

Sel yang dihuni jaringan Freddy Budiman itu masuk sel mewah karena terdapat AC, CCTV, Wifi, akuarium berisi ikan arwana, dan menu makanan spesial.

Katanya selama ini sel penuh. Tetapi tim kami menemukan hal tersebut, Sampai bisa memelihara ikan arwana di dalam akuarium,” kata Buwas

“Yang uniknya mereka memiliki CCTV yang justru mengarah ke luar kamar mereka. Sehingga yang termonitor bukan kegiatan terpidana tapi orang yang datang,” sambung Buwas.

Selain itu, ada seorang narapidana berinisial CAL yang merupakan keponakan dari Chandra Halim itu mendapat fasilitas mewah meski menghuni jeruji besi.

Bahkan, di dalam Lapas mereka bisa menghisap narkoba jenis sabu-sabu dengan bebas.

“Mereka juga bisa menghisap narkoba jenis sabu di dalam lapas,” tukas Buwas.

Berikut sejumlah Sel Mewah yang dihimpun dari berbagi sumber :

1 . Artalyta Suryani alias Ayin

Sel Mewah Artalyta Suryani /Net

Pada Minggu, 10 Januari 2010 malam, anggota Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum yang dipimpin Denny Indrayana melakukan sidak ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Di antaranya ke ruang terpidana Ayin dan Limarita alias Aling terpidana seumur hidup dalam kasus narkoba.

Ruangan Ayin berada di Blok Anggrek Nomor 19. Dia tinggal bersama asisten pribadinya, Asmiyati yang merupakan terpidana dua tahun enam bulan penjara.

Di dalam ruangannya terdapat perlengkapan bayi untuk anak angkatnya.

Sedangkan di ruangan penjara Limarita alias Aling terdapat kamar khusus berukuran 3 x 3 meter dengan memiliki televisi layar datar ukuran 20 inchi

Serta dinding ruangannya telah disulap dengan motif daun serta bunga. Tidak luput juga ada meja kerja mewah.

2. Freddy Budiman

wanita-wanita di sekitar gembong narkoba Freddy Budiman (Foto Merdeka)

Pada September 2013, Gembong narkoba yang sudah dieksekusi mati Freddy Budiman juga sempat menghebohkan.

Meski tinggal di dalam ruangan sel di Lapas Cipinang, ia masih mengendalikan peredaran narkoba.

Dia memiliki ruang atau dikenal dengan ‘bilik asmara’. Vanny Rossyane, model majalah orang dewasa pernah blak-blakan mengaku adanya ruangan mewah di Lapas Cipinang yang berujung pada pemecatan kalapasnya, Thurman Hutapea.

3. Agusrin Najamuddin

Pada Sabtu, 18 Mei 2013, Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum mendapati ruangan sel mewah di sel nomor 38 Lapas Sukamiskin.

Ruangan itu dihuni oleh eks Gubernur Bengkulu, Agusrin Najamuddin.

Di ruangannya yang berukuran 2,5 meter x 4 meter ditemukan tempat tidur, tape, meja kerja dan rak buku.

Bahkan ada alat masak juga. Dia juga bisa memanggil narapidana lainnya untuk memijit jika letih yang tentunya mendapatkan imbalan tersendiri.

4. Gayus Tambunan

Gayus Tambunan (Foto/Net)

Pada November 2010, nama Gayus HP Tambunan kembali mencuat, manakala terdakwa kasus mafia pajak ini keluar dari Rumah Tahanan Markas Komando Brimob Kelapa Dua.

Saat Mabes Polri melakukan inspeksi mendadak dan ternyata diketahui tahanan kasus mafia pajak ini tidak ada di selnya.

Gayus menyuap sejumlah petugas Rumah Tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, agar dapat keluar-masuk tahanan.

Kasus itu terungkap ketika fotografer Kompas Agus Susanto melihat orang mirip Gayus tengah menonton tenis di Bali, Jumat (5/11/2010).

5. Setya Novanto

Sel Mewah Setnov (Foto/Sindo)

Ombudsman Republik Indonesia mendapati sel narapidana korupsi mega proyek e-KTP Setya Novanto lebih mewah dari penghuni Lapas Sukamiskin lainnya.

Fakta itu terungkap saat Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada Kamis, (13/9/2018) lalu

Kamar atau sel asli Setya Novanto ini berukuran dua kali lipat dibanding sel yang disidak Dirjen Pemasyarakatan Kemkumham akhir Juli lalu, seperti dikatakan Anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu.

Kendati demikian, soal kapasitas yang tak memadai di Rutan Cipinang bukan berarti Ahmad Dhani harus disamakan dengan narapidan lainnya

Meski pentolan dewa 19 itu tak meminta untuk diistimewakan namun paling tidak ‘dimengerti’

Sel Ahok masih nyaman dan tidak berdesak-desakan (Foto/Net)

Sama seperti Ahok, sel tahanannya di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, masih terbilang bagus karena tidak berdesak-desakan

 

 

 

(zr2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.