KPK Diminta Sikapi Skandal Rp6,7 Miliar Dana Dinkes

oleh -10.888 views
Gedung KPK

Zonamerahnews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak turun tangan menyikapi skandal dugaan korupsi Rp6,7 miliar dana kas Dinas Kesehatan Parepare, Sulawesi Selatan, yang diduga keras mengalir ke sejumlah pejabat eksekutif maupun legislatif.

Pasalnya, eks Kadis Kesehatan Parepare, dr Muh Yamin, sebelumnya secara terang-terangan membeberkan skenario jalannya aliran dana dari kas dinas kesehatan setiap tahun anggaran yang berlangsung sejak 2015-2018

Hal itu dilakukan atas perintah Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, dan Sekretaris Daerah Parepare, Iwan Asaad, untuk kepentingan pemerintah daerah. Termasuk milaran rupiah disebut Yamin untuk ‘ketuk palu’ DPRD.

Sejumlah kalangan seperti aktivis, praktisi hukum, hingga masyarakat luas, kian resah bahkan meragukan kinerja kepolisian setempat yang terkesan ‘masuk angin’ dikarenakan kecewa dipertontonkan ‘akrobatik’ hukum, terkait perkembangan penyidikan kasus dana dinkes yang terkesan barlarut-larut tanpa ada kejelasan dan kepastian hukum.

Kasus yang sudah berjalan cukup lama ini belum terlihat adanya tanda-tanda akan dilakukan pelimpahan ke pengadilan Tipikor. Desakan pun kian mengalir agar KPK segera turun tangan dan melakukan supervisi terhadap kasus ini.

Sejauh ini penyidik polres parepare telah memeriksa sekira 70 orang, di antaranya pengelola program, kepala bidang yang membidangi program diduga bermasalah, PPK, bendahara pengeluaran, dan eks kadis kesehatan parepare. Termasuk di antaranya nama-nama yang disebut oleh dr Yamin sebagai pihak pengantar dan penerima dana.

Hanya saja, beberapa nama pejabat penting yang disebut Yamin saat di BAP, hingga kini belum diketahui apakah sudah menjalani pemeriksaan polisi.

Seperti Wali Kota Parepare Taufan Pawe, dan Sekda Parepare Iwan Asaad, dimana keduanya terang-terangan disebut Yamin berperan sebagai sumber dan inisiator yang memerintahkan dirinya mengeluarkan dana dari kas dinas kesehatan.