Kapolres Parepare Tekankan Penggunaan Masker ke Masyarakat dan Sosialisasikan Perwali Cegah Covid-19

oleh -444 views
Kapolres Parepare AKBP Budi Susanto, Mengenakan Masker Kepada Warga di Pasar Lakessi

Zonamerahnews.com – Polres Parepare yang bergerak bersama TNI, Brimob, dan Pemkot, mengkampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat, Kamis (10/9/2020).

Kegiatan tersebut, melibatkan Forkopimda dan organisasi masyarakat (Ormas). Pembagian masker dan sosialisasi di mulai di Pasar Lakessi, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Parepare, AKBP Budi Susanto, mengungkapkan, jika kegiatan mengkampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat secara serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.

Kata dia, kegiatan ini merupakan perintah untuk menekan angka penularan penyebaran virus Corona.

“Hari ini kita mulai melakukan sosialisasi memberi imbauan dan bagi masker di Pasar lakessi, tempat ini kami pilih karena di pasar ini merupakan titik pertemuan antara penjual dan pembeli,” kata Budi Susanto.

Kata dia, selain mengkampanyekan penggunaan masker ke masyarakat, juga mengkampanyekan Peraturan Wali Kota (Perwali) No. 31 Tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian virus Corona di Kota Parepare.

“Setelah menyampaikan imbauan ini, kami harap masyarakat bisa tergugah kesadarannya untuk menjadikan masker sebagai alat kebutuhan dan gaya hidup,” harap Budi Susanto.

Lebih lanjut, jika masa sosialisasi telah selesai dan masih ada yang ditemukan melanggar atau ditemui tidak menggunakan masker kata Budi Susanto, pihaknya tidak segan-segan akan memberikan sanksi.

“Segala sesuatu aturan jika dilanggar maka akan ada¬† konsekuensinya,” tegasnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Parepare, Kompol H Muhabbar memimpin pembagian masker itu menuturkan, sebanyak 1000 masker telah dibagiakan hari ini, dan selanjutnya akan menyasar tempat lain dengan membagikan sebanyak 50000 masker 

Sekedar diketahui sebelumnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe sebelumnya mengeluarkan Perwali No.31 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Peraturan Perwali itu diantaranya, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak paling rendah 1 meter, dan menghindari kerumunan.

Untuk sanksi perwali, akan efektif diberlakukan mulai tanggal 24 september 2020 mendatang.

(AU)