Habiskan Anggaran Rp430 Juta, Proyek IPAL di Gowa Terbengkalai

oleh -4 views
Wadah IPAL dan WC Umum ini tidak berada pada lokasi padat penduduk

Zonamerahnews.com – Proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) secara komunal, terbengkalai

Padahal dapat digunakan untuk pengelolaan limbah cair di pemukiman padat penduduk, kumuh, dan rawan sanitasi di Kelurahan Romang Polong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Namun kenyataannya proyek tersebut hanya sekedar menghabiskan anggaran semata.

Dugaan itu disinyalir dari hasil temuan Lembaga Poros Rakyat Indonesia (LP-RI) DPP Kabupaten Gowa.

Sisa-sisa bahan bangunan yang tertinggal begitu saja

Ketua Umum DPP LP-RI, Sulsel, Japar Siddiq menyatakan proyek itu hanya dijadikan tontonan, fungsi dan pemanfaatannya pun tidak jelas. Alias salah sasaran.

Pasalnya, proyek yang menghabiskan Anggaran sekira Rp 430 juta itu kini terbengkalai dan ditempatkan pada lokasi yang tidak sesuai.

“Ini proyek hanya menghabiskan anggaran pemerintah. Ini perlu dipertanyakan karena hanya jadi proyek pajangan. Dan salah sasaran peruntukannya” ujar Japar Siddiq dalam rilisnya, Kamis (18/7/2019)

Japar juga menambahkan, proyek ini dikerjakan oleh salah satu Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Kelurahan tersebut sejak tahun 2018.

Bahkan peruntukannya untuk membantu masyarakat mengelolah limba rumah tangga menjadi lebih bersih lingkungan ternyata tidak sesuai target dan harapan.

Karena wadah IPAL dan WC Umum tersebut tidak berada pada lokasi padat penduduk, tapi justru berada di wilayah yang tidak berpenghuni.

Sehingga Japar mengimbau sedapat mungkin Dinas terkait dalam hal ini Dinas PU Kabupaten Gowa, juga perlu dimintai pertanggungjawaban.

Sementara Lurah Roman Polong, Syamsuddin saat ditemui media melalui aparatnya mengatakan “Pak lurah masih sibuk pak, nanti saya sampaikan” ujarnya

 

 

 

(Darwis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.