Deretan Polisi Wanita Termuda yang Meraih Pangkat Jenderal di Polri

oleh -2 views
Deretan Polisi Wanita Termuda yang Meraih Pangkat Jenderal di Polri

loading…

Sejumlah polisi wanita atau polwan tercatat berhasil meraih pangkat jenderal dalam usia yang lebih muda dibanding lainnya. Foto DOK media Polri

JAKARTA – Sejumlah polisi wanita atau polwan tercatat berhasil meraih pangkat jenderal dalam usia yang lebih muda dibanding lainnya. Pada perkembangannya, meski tidak sebanyak polisi laki-laki, beberapa polwan juga telah menembus pangkat Jenderal di Polri .

Untuk diketahui, jenderal sendiri merupakan golongan perwira tinggi yang terdiri dari Brigadir Jenderal Polisi, Inspektur Jenderal Polisi, Komisaris Jenderal Polisi, hingga Jenderal Polisi.

Baca juga : Ini 2 Jenderal Polisi di Polda Metro Jaya

Berikut deretan Jenderal polisi wanita termuda yang meraih pangkat jenderal di Polri :

1. Irjen Pol Ida Oetari Poernamasasi

Irjen Pol Ida Oetari tercatat sebagai polwan termuda yang meraih pangkat Jenderal bintang 1. Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, polwan kelahiran Probolinggo 1964 ini tidak mengikuti pendidikan Akpol, melainkan berkuliah di Akademi Penilik Kesehatan Surabaya.

Dalam kariernya di kepolisian, Ida Oetari pernah bertugas sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Gadikwa Lemdiklat Polri sebelum akhirnya menjadi Wakapolda Kalteng pada 2021 lalu.

Ida Oetari sendiri meraih pangkat Brigjen Pol pada tahun 2013. Mengacu pada tahun kelahirannya di 1964, dia meraih pangkat Jenderal pada usia 49 tahun. Terbaru, Ida juga kembali mendapat kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) akhir Agustus 2022 lalu.

2. Irjen Pol (Purn) Juansih

Irjen Pol (Purn) Juansih diketahui sebagai polwan pertama yang meraih gelar doktor di Korps Bhayangkara Polri. Dalam riwayat kariernya, polwan kelahiran Majalengka 2 Agustus 1964 pernah menjabat sebagai Karojianbang Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat Polri).