Antisipasi Terjadinya Kebakaran di Tengah Musim Kemarau dan Angin Kencang, Ini Kata Kabid Damkar

oleh -284 views
Kabid Damkar Parepare, Syafruddin Sjam (Mengunakan Helm Rescue)

Zonamerahnews.com – Sebanyak delapan rumah hangus di lalap si jago merah di jalan Damis, Kelurahan Sumpang Minangae, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Minggu (30/8/2020).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Parepare, melalui Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran, Penyelamatan dan Pemeliharaan Peralatan, Syafruddin Sjam, mengingatkan kepada seluruahmasyarakat untuk memperhatikan masalah listrik sebelum meninggalkan rumah.

Selain itu, api kompor harus dipastikan dalam keadaan sudah dimatikan saat hendak bepergian atau meninggalkan rumah,” ucapnya.

“Disaat ingin keluar rumah, pastikan colokan yang masih melengket di terminal listrik dicabut saja. Selain itu, kompor juga dipastikan sudah tidak dalam keadaan hidup, karena itulah yang menjadi penyebab kebakaran selama ini,” jelasnya.

“Agar kebakaran rumah tidak terjadi lagi, kiranya hal-hal yang menjadi pemicu terjadinya kebakaran, bisa lebih diperhatikan lagi,” imbuh Syafruddin Sjam.

Pihaknya juga meminta disaat terjadi kebakaran, sekiranya diberikan jalan untuk pemadam melakukan tugasnya.

Pria yang akrab disapa Pallung ini mengimbau masyarakat, sadar akan bahaya yang dapat ditimbulkan saat api menyala, apalagi mengamuk. Saat ini, musim kemarau dan angin kencang, sehingga rawan terjadi bencana kebakaran

Semua hal ini, kata dia, tak boleh dianggap sepele. Apalagi, menurut Syafruddin, pada musim kemarau ini suhu yang panas bisa membuat api lebih mudah berkobar.

(AU)